Senin, 26 November 2012

TIGA PILAR KEBAHAGIAAN HIDUP

1. Menyukuri Nikmat
2. Sabar Menghadapi Ujian
3. Istigfar
Tiga perkara ini adalah tiga pilar kebahagian. Karena kehidupan manusia berputar-putar dalam tiga kondisi ini. Yaitu ketika tercurahkan nikmat, ketika nikmat dicabut, atau ketika dia bermaksiat (perkataan  Al 'Allamah Muhammad bin Abi Bakr ..Zur'i yang dikenal dengan  sebutan Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab beliau, Al Wabilush Shayyib minal Kalimith Thayyib 1/11 ).  
Ketika tercurahkan nikmat bagaimana kita menjadi orang yang bersyukur, ketika Allah Ta'ala menahan nikmat yang secara manusiawi yang menyusahakan jiwa manusia, maka bagaimana seseorang bisa bersabar atas musibah-musibah yang ditimpanya. Disebabkan karakter dirinya yang dhi'f (lemah) manusia pun pada suatu ketika bermaksiat, maka dia cepat-cepat beristigfar kepada Alla Ta'ala.
Jika tiga hal ini secara lengkap dimiliki oleh seseorang, maka dia akan memperoleh kebahagiaan dalam menjalani kehidupannya. Bahagia di kehidupan dunia dalam bentuk kelapangan dada dalam menghadapi segala macam persoalan dan kebahagian di akhirat dengan menempati surga. secara lebih mendetail antara sabar, syukur dan istigfar dapat dilihat pada penjelasan berikut. Bersambung.....         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar